Rabu, 11 Mei 2016

Iklan Online Beserta Jenis dan Contohnya

Iklan merupakan komunikasi persuasif dalam kegiatan pemasaran, dengan tujuan untuk membujuk khalayak (calon konsumen), guna untuk megenalkan, memberitahu hingga menggunakan atau mengkkonsumsi barang atau jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan atau instansi. selain itu juga iklan digunakan sebegai suatu bentuk pencitraan meneganai perusahaan tersebut melalaui barang atau jasanya.


Sedangkan pengertian iklan menurut para Ahli :
Pengertian Iklan Menurut Courtland L. Bovee : " Iklan adalah komunikasi nonpersonal informasi biasanya dibayar dan biasanya persuasif di alam tentang produk, jasa atau ide oleh sponsor diidentifikasi melalui berbagai media." (Bovee, 1992, hal 7.).

Pengertian Iklan Menurut : Kotler (2002:658), periklanan didefinisikan sebagai bentuk penyajian dan promosi ide, barang atau jasa secara nonpersonal oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran.

Pengertian Iklan Menurut Rhenald Kasali (1992:21), secara sederhana iklan didefinisikan sebagai pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan oleh suatu masyarakat lewat suatu media.

Pengertian Iklan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia : “berita atau pesan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.”

Iklan Online adalah cara mempromosikan sebuah produk di internet dengan menggunakan berbagai fitur internet.dengan ke datangan internet,dunia bisnis telah menjadi digital dan orang lebih suka membeli barang-barang secara online,yang lebih mudah dan lebih cepat.iklan online atau di kenal sebagai E-iklan memberikan dimensi baru dan daya tarik yang unik untuk produk,yang merupakan keuntungan tambahan.

Manfaat utama
dari pasang iklan online lebih dari bisnis offline adalah keuntungan moneter,yang tidak dapat di peroleh secara lokal.hal ini menyebabkan kemajuan besar dalam bisnis, yang merupakan tujuan akhir dari setiap pengusaha.iklan online menawarkan spektrum yang luas dari pengakuan,yang tak tertandingi untuk setiap modus lain dari iklan.

Iklan online tidak memiliki keterbatasan waktu .iklan online mengurangi biaya transaksi dan memberikan kontribusi terhadap laba perusahaan dan aman dalam persaingan terhadap pemasaran internasional.pemilik jauh lebih puas karena bisnis aman lebih bermanfaat dan dapat di andalkan.
 
Tentu saja iklan online merupakan salah satu langkah maju atas orang lain dan membantu untuk mengikuti dengan cepat mengubah dunia.”iklan bayar per klik” merupakan salah satu bentuk dari iklan dan merupakan cara yang efektif untuk promosi bisnis.

Bentuk lain dari iklan online,yang mendapatkan popularitas adalah E-mail dan itu telah menikmati pertumbuhan yang luar biasa dalam beberapa tahun terakhir.karena ada berubahan tren pergeseran dari cetak ke online.iklan online akan terus tumbuh selama kemajuan teknologi.

Usaha kecil menemukan iklan yang menawarkan penayangan maksimum online dengan biaya minimal.usaha kecil target klien ideal mereka dan menemukan bahwa iklan online adalah cara yang terjangkau iklan.iklan online memberikan respon langsung,sehingga menguntungkan baik bagi konsumen dan penjual.banner iklan menggambarkan dalam bentuk gambar dan sering di lihat di situs lalu lintas dan juga memberikan hyperlink kembali ke situs pengiklan.harga bervariasi sesuai dengan jumlah iklan yang di tampilkan.sponsor iklan lebih besar kemudian banner iklan dan mendukung cukup banyak teks dan di tempatkan pada eziness atau newsletter online.harga bervariasa sesuai dengan jumlah pembaca newsletter.

Layanan dari badan iklan online telah membuat mereka untuk menjalankan kampaye dengan cara yang efektif dan lebih layak. Hal ini juga membantu para pemasar untuk mengawasi kinerjeng kampanye iklan,yang tidak mungkin dalam jenis media lainya. Hal ini memungkinkan mereka untuk memodifikasi kampaye dengan menganalisis data sehinga menargetkan palanggan. Agen iklan online menjamin jangkauan yang luas para penonton melalui server iklan pusat karena menggunakan jaringan iklan online. Kesimpulannya,iklan online adalah yang termurah dan efektif cara iklan yang sukses telah membuktikan potensinya.

Iklan Online sekarang menjadi pusat perhatian bagi para investor atau pemasang iklan, karena dengan menggunakan iklan online tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar tetapi mendapatkan hasil yang maksimal, karena internet mencakup seluruh dunia. Online advertising atau iklan online adalah metode periklanan dengan menggunakan internet dan World Wide Web dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran (promosi) untuk menarik pelanggan. 
iklan online memiliki beberapa macam jenis-jenisnya, seperti dibawah ini :

1) Direct Advertising

Di mana pemasang iklan langsung berinteraksi dan berhubungan dengan pemilik media. Direct Advertising dapat diimplementasikan dengan cara menyediakan ruang iklan di bagian-bagian tertentu website atau blog si pemilik. Selanjutnya, siapa saja yang berminat untuk mempromosikan produk atau situs mereka, dapat langsung menghubungi dan membayar sesuai dengan ketentuan yang pemilik berikan.

Kelebihan :

  • Direct advertising cocok diaplikasikan untuk segala jenis website atau blog, dan yang lebih baik lagi support untuk segala jenis bahasa yang digunakan dalam isi blognya, karena direct advertising ini kita menggunakan ide dan menuangkan isi ide ke blog kita menggunakan kreatifitas kita sendiri. Dan jika blognya berhasil untuk menjadi iklan akan dilihat oleh semua orang. Tentunya akan menghasilkan uang untuk kita sendiri dengan hitungan per click ke blog kita.
  •  Bayaran yang kita dapatkan kita yang mengaturnya, tentunya harganya harus yang masuk akal, jika terlalu kemahalan akan ditinggal oleh pengiklan kita.
  • Membuat tampilan blog anda semakin bagus dan rapi, agar posisinya bagus, jadinya. Sesuaikan isi dengan content tampilan isi blog, agar mudah dan penasaran dilihat oleh user atau orang yang membuka blog.

Kekurangan:

  • Bagi para pengguna blog ger untuk bersiap lebih sabar, karena tidak ada yang mau beriklan karena kita masih baru. Dan ada juga yang sudah lama tapi masih PR1, ini juga tidak akan dilirik sama pengiklan. biasanya yang dicari kebanyakan pengiklan yang sudah menjadi PR3.
  • Untuk pengguna direct ads jika sudah banyak iklan, untuk sering di optimasi (di update)  databasenya agar tidak lambat pada saat membuka blognya.
  • Agak ribet pada saat membuatnya, karena harus menginstal script (bahasa web) dll, tetapi hasilnya sebanding jika kita serius membuatnya
  •  Hanya bisa digunakan diblog yang punya hosting sendiri (yang menggunakan metode berbayar). Dan yang menggunakan gratisanbelum tentu bisa digunakan atau diaplikasikan.


Contoh iklan Online Direct Advertising
Analisis Direct Advertising dalam istilah Indonesia yaitu Iklan cepat, yang berarti dalam promosinya tidak menggunakan banyak tahap, karena pemilik media dan pemasang iklan berhubungan langsung untuk menemui kesepakatan. Salah satu jenis yang paling umum dikenal dari iklan langsung adalah direct mail. Di sini, produsen menjual langsung kepada konsumen dengan menciptakan email atau mailing lainnya seperti yang kita lihat contoh diatas. Iklan menjabarkan manfaat dari pembelian produk dan menyediakan pelanggan dengan kesempatan untuk melakukan pembelian secara langsung, baik dengan pergi ke situs web atau membalas melalui email.

Keterangan di  Website ini Terdapat Looking for School Furniture? dan dibawahnya terdapat juga  Iklan "http://www.directartfurniture.com/ , http://www.directlibraryfurniture.com/ ,  http://directdaycarefurniture.com/ , http://www.directschooldesks.com/ , http://www.directpapercutters.com/ , http://www.directinteractivewhiteboards.com/ , DLL."
2)Self-service Advertising

Pendekatan iklan baru di mana materi iklan, penempatan iklan, tampilan serta teks dikerjakan sendiri oleh pemasang iklan melalui metode proses yang dilakukan sendiri di Online. Contoh: Blogads dan Google AdWords.

Kelebihan:
  • Bentuk pengiklan ini menggunakan metode kreatifitas sendiri dalam megembangkan isi contentnya agar menarik perhatian orang untuk banyak masuk melihat isi blognya, artinya dituntut untuk serius dalam mengembangkan untuk membuat blog, bebas untuk berkreasi tidak ada batasan (sesuaikan dengan content isi blog) agar memudahkan pengiklan menempatkan blog tersebut.

Kekurangan:
  • Harus meluangkan banyak waktu untuk mengembangkan nya karena tidk dibantu dengan disediakan content untuk menambah blog agar lebih bagus, untuk menambah daya minat yang membukanya, terlebih lagi bagi yang tidak memahaminya akan menimbulkan kesilutan dalam menggunakannya.
Contoh iklan Self-service Advertising
Analisis Self-service Advertising biasanya jenis iklan ini kita bisa lihat di berbagai situs penyedia layanan iklan. Salah satu situs terbesar seperti situs mesin pencari yaitu Google dan pempunyai program layanan iklan yaitu Google AdWord. Layanan iklan yang ditawarkan bisa berupa bentuk teks, gambar maupun video. Secara umum iklan jenis ini bisa kita lihat ketika kita mengetikan kalimat pada mesin pencarian Google, itu bisa langsung muncul iklannya ada di barisan sebelah kanan sesuai keyword yang kita ketik tadi.

Keterangan terdapat iklan Yoga "Start today and save Rp450000
Get Rp450000 worth of free advertising when you spend Rp150000."

3)      Ad Networks
Sebuah jaringan (network) iklan yang menghubungkan dan memediasi antara pemasang iklan dengan pemilik situs web lain. Jaringan iklan seperti ini biasanya menargetkan kampanyae-kampanye yang tidak mempunyai target audience khusus, tetapi mengincar sebesar mungkin orang yang melihat iklan dengan biaya sekecil mungkin.
Contoh: ValueClickMedia dan Tribal Fusion.
Kelebihan
  • Owner atau pemilik (user) bisa lebih fokus dalam menulis sebuah artikel, website, dan blog tanpa memikirkan siapa yang mau mengiklankan setelah apa yang mereka buat. Tetapi pemilik(user) bisa mengarah dan memfokuskan nya dengan membentuk sistem traffic on site dalam membentuk jaringan website, artikel, dan blogna nya, agar ditujukan untuk menambah undi=pundi pemasukkan uangnya.
Kekurangan
  • Tidak bisa menampilkan iklan-iklan dalam sebuah website, artikel, dan blog yang telah dibuat karena memiliki peraturan-peraturan yang mewajibkan user untuk mentaatinya, berarti user tidak bebas berkreasi dalam menuangkan idenya dalam sebuah website, artikel, dan blog tersebut.
Contoh iklan Ad Networks
Analisis iklan Self-service Advertising seperti contoh diatas terletak disebelah kanan terdapat beberapa poin-poin mengenai performance Aero sehingga dapat dilihat secara langsung karena ditempatkan di atas sebelah kanan karena pengilan tidak mempunyai target audience khusus, tetapi lebih menargetkan sebanyak mungkin orang yang melihat iklan dengan biayalebih yang lebih terjangkau.

Terdapat Iklan AERO  "Pervom Pervomance +24%"

4)      Contextual Advertising
Iklan yang ditargetkan pada content. Iklan tidak ditampilkan secara random, tetapi telah dipilih oleh sistem secara otomatis sesuai dngan content yang relevan dengan iklan tersebut. Contoh: Google Adsense dan Yahoo Publisher Network
Kelebihan
  • Lagi-lagi kreatifitas sangat dijunjung tinggi dalam menampilkan isi content yang akan kita tampilkan, krena hal ini berhubungan erat dengan penempatan posisi blog,website, dan artikel yang akan kita publish. Karena sistem berbentuk mengacak dengan sistem random hal ini mempunyai nilai positif karena isi yang kita tampilkan telah disusun oleh sistem agar tampilan nya bisa diakses oleh orang lain yang telah disesuikan dengan kondisi dan tempatnya.
Kekurangan
  • Tidak bisa menempatkan posisi (apa yang akan di iklankan), karena pengiklan yang mengaturnya. Hal ini efeknya kepada kantong pemasukan uang kita sangat berpengaruh jika content yang kita tampilkan adalah jual beli pasti disesuaikan oleh sistem untuk hal yang berkaitan dengan jual beli.
Contoh iklan Contextual Advertising
Analisis Contextual Advertising memang tifak terlalu ditonjolkan karena tidak ditempatkan pada tempat yang diinginkan oleh pengiklan. tetapi ketika seseorang mencari keyword seperti yang diiklankan maka akan bermunculan. Salah satu contohnya seperti contoh diatas pada saat mencari mobil toyota akan bermunculan apa saja yang masuk akan kategori iklan tersebut.

Keterangan terdapat Berbagai macam iklan mobil toyota dalam baris

5)      Twitter Advertising
Iklan yang berfungsi sebagai tweet dari pemasang iklan, yaitu iklan berbasis keyword yang pendek, yang didistribusikan kepada user yang membaca content yang sesuai dengan keyword yang dipilih. Contoh: Magpie dan Twittad.
Kelebihan
  • Bisa menjadi fokus mesin pencari uang karena pengiklan yang mencari isi content blog, website, dan artikel. Dengan menggunakan metode atau bentuk pesan yang ktia tampilkan, misalkan menjual mobil Mc Laren GT dengan harga murah pada dinding sebuah twitter.Hal ini akan menjadi topik dan jika ada yag tertarik ini yang akan menjadi positif untuk hal yang dijadikan uang.
Kekurangan
  • Jika tidak ada topik yang di tampilkan orang lain tidak akan mengetahui hal apa yang akan disampaikan dan pengiklann tidak akan membantu dalam mempubliskan berita atau informasi yang tidak ada disampaikan atau dipublishkan.
Contoh iklan Twitter Advertising
Analisis Twitter Advertising iklan akan lebih mudah tersebar karena banyak pegguna twitter yang pasti akan membaca  iklan tersebut meskipun tidak efektif karena pasti akn terus tertimpa oleh  recent update berikutnya tetapi disini bagaimana followers mereka dan seberapa banyak orang yang meretwet iklan tersebut sehingga iklan yang diiklankan seperti iklan tiens diatas akan tersebar lebih banyak dan dilihat oleh semua pengguna twitter.

 Keterangan terdapat iklan "Spirluna Capsules dari TIENS"

6)      In-Text Advertising
Sistem in-text advertising secara otomatis menghubungkan kata-kata tertentu di dalam website dengan content iklan yang berhubungan.  Contoh: Kontera dan Vibrant in-Text Ad.
Kelebihan
  • Owner hanya membuat postingan kata dalam mesin search engine dalam sebuah website tertentu.  dan kata-kata yang diketik atau ditulis tadi akan terhubung pada sebuah iklan secara otomatis terhubung dengan konten iklan yang  telah berhasil dicari, jika mengklik maka akan dibayar oleh pengiklan.
Kekurangan
  • Teralalu banyak iklan yang bermunculan pada saat kita mengisi kata-kata pada saat mencarinya, maka dari itu sensitifitas pada saat mencari dan mengetik harus spesifik agar hal dicari dan dimaksud dapat ditemukan dengan mudah tanpa banyak iklan yang bermunculan
Contoh iklan In Text Advertising
Analisi Text Advertising mungkin kurang trelihat seperti iklan yang menargetkan siapa saja yang melihat. Krena pengunjung perlu mengklik Learn More untuk lebih melihat jelas apa yang kita iklankan. Membuat pengunjung bingung karena banyak berbagai pilihan untuk di klik.

Terdapat Iklan "Benefit FOr Publishers dan terdapat gambar laptop dan didalamnya ada mobil"

7)      Ad Network Optimization
Jasa optimasi iklan ini mengevaluasi dan memilih iklan yang membayar terbanyak untuk ditampilkan dalam halaman web dengan mengevaluasi semua pilihan serta ukuran iklan yang paling baik, dan karakteristik visualnya. Contoh: PubMatic dan YieldBuild.
Kelebihan
  • Owner atau bagi yang membuat iklan, baik berupa visual dan non audio visual, dalam bentuk website, blog tidak perlu repot memikirkan posisi iklan bakalan dimana tempatnya, karena sudah diacak otomatis penempatan iklan oleh sebuah sistem
Kekurangan :
  • Ada beberapa karakterisitik bagian yang akan diiklankan tidak dapat diterima oleh sistem ini terutama menggunakan bentuk iklan ini, karena diperuntukkan untuk yang membuat iklan dalam jumlah banyak, sementara untuk membuat iklan kecil tidak memenuhi kriteria dalam jasa iklan ini.
Contoh iklan Network Optimization
Analisis Network Optimization terlihat pada contoh diatas bentuk yang simple dn kreatif disimpan tepat ditengah layar sehingga pengunjung dapat membaca secara langsung iklan tersebut. Dilihat dari segi visual yang baik.

Keterangan terdapat iklan Maximize the value of
Your Mobile Ad inventory"

 8)      Rep Ad Agencies
Agen periklanan yang mewakili blog-blog serta situs web tertentu dan memediasi penjualan mereka untuk kampanye-kampanye besar yang dilakukan brand-brend besar ataupun agensi iklan besar. Contoh: Federated Media dan Tribal Fusion.
Kelebihan
  • Membantu dalam mengiklan atau mempromosikan iklan, karena sebelumnya kita akan diberikan gambaran-gambaran siklus perkembangan yang akan terjadi seputar produk iklan tersebut, dan dibantu oleh pihak marketing melalui strategi yang mereka terapkan untuk menunjang iklan agar rating naik dan dikenal.
Kekurangan
  • Budgeting yang akan dikeluarkan jauh akan lebih besar, karena menggunakan teknik dan metode pihak penyedia marketting iklan atau bisa disebut (marketting Agensi online) dalam mengembangkan iklan tersebut.
Contoh iklan Rep Ad Agencies
Analisi iklan Rep Ad Agencies seperti yang kita lihat pda contohh diatas bahwa iklan pada koran tersebut bisa kita lihat pada situs yang lebih canggih seperti didalam ipad. Apapun berita yang ditampilkan bisa dimuat di tab. Meskipun pengeluaran lebih besar tetapi pengiklan ingin orang-orang menegathui jenis yang ditawarkan. Karena mereka juga lebih ke brand yang sudah besar.

Terdapat iklah The Elkhart Truth"


9)      Social Advertising
Iklan untuk social media. Tidak seperti iklan tradisional, format iklan ini memanfaatkan dinamika pengaruh sosial seperti pengaruh peer group, word of mouth,  viral marketing dan rekomendasi langsung dari teman ke teman. Contoh: VideoEgg dan Meebo.
Kelebihan
  • Metode yang digunakan dari promosi ini banyak sekali dijumpai dionline, karena mudah diaksesnya dan familiar oleh semua orang yang mengerti dan sering membuka internet dan ber online, untuk hal yang seperti ini sangat mudah sekali mempromosikannya, terjangkau dari segi harga karena biaya (cost) yang dikeluarkan minim dan murah.
Kekurangan
  • Diwajibkan untuk mempunyai produk yang akan diiklankan untuk mempermudah prosesnya. Produk dilakukan melalui posting ditempat situs website iklan social media.
Contoh iklan Social Advertising
Analisis Social Advertising iklan yang tesapat seperti jejaring fecebook akan terlihat dikarenakan facebook merupan jejearing sosial yang mempunyai ratting tertinggi di dunia. Sehingga memudahkan pengiklan agar iklan yang ditampilkan dapat dibaca oleh semua orang. Biasanya iklan ditempatkan disebelah kanan tetapi ada juga iklan yang ditempatkan diberanda paling atas. Sehingga pada saat membuka facebook akan terlihat jelas.

Terdapat Iklan Samsung Mobile"

 10)  Video Advertising
Bentuk iklan yang ditargetkan pada content video. Berbagai format tersedia, termasuk iklan
dinamis yang bisa tampil sebelum, setelah, ataupun selama tayangnya content video tertentu. Contoh: Voxant dan AdSense for Video
Kelebihan
  • Karena bentuknya audio visual iklan yanag ditampilkan lebih menarik,dan lebih mengeksplor dari iklan yang diawarkan atu ditampilkannya.
Kekurangan
  • Terkadang pengguna lebih mengabaikan iklan , dan titik fokusnya mengarah kepada video yang lain dari pada iklan tersebut
  • Visual iklan yang banyak menampilkan animasi, sering membuat koneksi jaringan jadi lambat karena terlalu banyak limit waktu yang ditampilkan dalam iklannya.
Contoh iklan Video Advertising
Analisis Video Advertising memang lebih menarik karena terdapat audio visual yang bakk sehingga ena untuk dilihat tanpa harus dibaca karena ada efek suara yang mewakili dan dibantu oleh gambar yang bergerak meyakinkan orang yang melihat iklan tersebut. Akan tetapi iklan yang ditamoilkan terkadang mengganggu atau menghalangi ketika oranga akan melihat video iklan yang dituju oleh orang yang mencariya seperti contoh diatas.
Ketrangan terdapat video iklan treseeme shingga harus di skip ad pada saat sbelum memplay video yang kita pilih

11)  RSS Advertising
Iklan ini ditampilkan di dalam RSS Feed, yang bisa disesuaikan dengan konteks content RSS feed tersebut atau secara manual ditargetkan pada kebutuhan promosi tertentu. Contoh: Pheedo dan Feedvertising.
Kelebihan
  • Bisa mengkriet dan menyesuaikan posis iklan sesuai dengan klasifikasi kebutuhan yang sudah ditentukan
Kekurangan
  • Tidak bisa dilihat oleh semua khalayak internet, karena telah diklasifikasikan terlebih dahulu oleh layanan RSS Advertising.
Contoh iklan RSS Advertising
Analisis RSS Advertising ditas seperti lebih ke brntuk layanan yang menguntungkn yang diberikan sehingga dapat menrik pengunjung untuk beriklan. Sehingga akan lebih mudah mengenai sasaran. Meskipun dengan tampilan yang sangat simple tapi dapat membuat pengunjung tertarik. 

Terdapat iklan dnegan kata-kata  Make money with you RSS


12)  Sponsorship
Bentuk bantuan dana atau bisa juga dalam bentuk produk atau layanan sebagai ganti promosi terhadap suatu brand. Sponsorship online adalah strategi alternatif yang  banyak digunakan dan dianggap lebih efektif daripada pemasangan iklan online berbentuk banner.
Kelebihan
  • Sangat fektif dan tepat digunakannya ketika ada acara besar dan moment besar untuk mensponsori acara tersebut untuk menampilkan produk iklan yang mensuplai dana tersebut.
Kekurangan
  • Pemaparan tentang jasa iklan tidak ada, karena biasanya mereka hanya menampilkan sebuah logo instansi perusahaan nya saja dalam acara pada saat berlangsung.
Contoh Iklan Sponsorship

Tidak ada komentar:

Posting Komentar